Struktur Dasar Pembuatan Website

1. Domain Name Nama domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses situs web Anda di internet. Ini dapat berupa nama unik seperti www.nama-situs.com atau subdomain seperti blog.nama-situs.com. Nama domain biasanya dibeli dari registrar domain dan harus diperbaharui secara berkala.

2. Hosting Hosting adalah layanan yang menyediakan ruang server dan infrastruktur yang diperlukan untuk menyimpan dan menampilkan situs web Anda di internet. Beberapa tipe hosting contohnya: shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting, fitur dan kapasitas masing-masing dapat berbeda.

3. HTML (Hypertext Markup Language) HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dasar dari sebuah situs web. Ini terdiri dari serangkaian tag atau elemen yang digunakan untuk menentukan bagaimana konten situs web akan ditampilkan di browser. Misalnya, tag untuk paragraf, untuk judul, dan untuk gambar.

4. CSS (Cascading Style Sheets) CSS adalah bahasa gaya yang digunakan untuk mengatur tata letak, warna, font, dan gaya visual lainnya dari situs web Anda. Dengan CSS, Anda dapat memisahkan desain dari struktur konten HTML dan membuat situs web Anda lebih menarik dan mudah dibaca.

5. JavaScript JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan interaktivitas dan fungsionalitas dinamis ke situs web. Ini dapat digunakan untuk membuat efek animasi, validasi formulir, menu dropdown, dan banyak lagi.

6. Framework atau CMS (Content Management System) Framework atau CMS adalah platform perangkat lunak yang menyediakan alat dan fitur yang diperlukan untuk membuat dan mengelola situs web. CMS seperti WordPress, Joomla, dan Drupal menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan berbagai plugin atau tema yang dapat disesuaikan.

7. Database Database adalah kumpulan data yang disimpan di server dan digunakan untuk menyimpan informasi yang diperlukan untuk situs web, seperti informasi pengguna, konten, dan konfigurasi situs. Beberapa CMS menggunakan database seperti MySQL atau PostgreSQL untuk menyimpan konten dan pengaturan situs web.

8. File dan Folder Struktur Struktur file dan folder adalah cara di mana berkas-berkas dan direktori-direktori yang membentuk situs web diorganisasi di server. Ini termasuk file HTML, CSS, JavaScript, gambar, dan file lainnya yang membentuk halaman-halaman situs web Anda.

Organisasi yang baik dari file dan folder akan memudahkan pengelolaan dan pengembangan situs web. Itulah penjelasan yang lebih detail tentang struktur dasar pembuatan website.

Dengan memahami setiap komponen ini, Anda dapat memulai proses pembuatan situs web dengan lebih baik dan mengembangkan situs web yang fungsional dan menarik.