membuat website katalog produk
Katalog produk adalah jenis jaminan pemasaran yang mencantumkan detail produk penting yang membantu pembeli membuat keputusan pembelian. Detail ini mencakup fitur produk, deskripsi, dimensi, harga, berat, ketersediaan, warna, ulasan pelanggan, dan banyak lagi. Contoh terbaik dari katalog produk adalah pasar Amazon, di mana Anda bisa mendapatkan sejumlah informasi dalam satu klik. Pikirkan tentang buku yang Anda coba beli - Amazon mencantumkan semua informasi yang Anda butuhkan. Ini termasuk judul buku, nama penulis, nama penerbit, jumlah halaman, snapshot singkat dari buku, harga, dimensi, penawaran


Siapa yang Membutuhkan Katalog Produk?

Katalog produk berguna untuk beberapa pengguna bisnis dan kelompok seperti tenaga penjualan, penjualan dalam, pembeli, pegawai toko, pemasar lapangan, dan manajer. Berikut cara setiap grup menggunakannya:



Tenaga penjualan dan tim penjualan dalam menggunakan katalog produk untuk menyampaikan informasi penting tentang suatu produk atau layanan kepada pelanggan mereka. Mereka dapat merujuknya saat berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan mereka tentang manfaat menggunakan produk mereka.


Pembeli dan pengambil keputusan membutuhkannya sebagai bahan referensi dalam mengambil keputusan pembelian. Ini membantu mereka untuk membandingkan berbagai produk/layanan dari berbagai vendor dan memutuskan opsi yang paling sesuai untuk bisnis mereka.


Manajer toko dan gudang, manajer shift, dan operator menggunakannya untuk mengetahui detail inventaris di gudang mereka.


Pemasar lapangan dapat menggunakannya saat mereka memandu pelanggan melalui demo produk dan solusi mereka. Ini membantu mereka menyelam jauh ke dalam penawaran mereka dan menawarkan nilai kepada pelanggan mereka saat kelompok terakhir mengalami produk.


Pihak eksternal seperti agensi, mitra, pengecer, dan penjual bernilai tambah menggunakannya untuk mendapatkan informasi tentang produk dan layanan dan membagikannya dengan pengguna akhir.


9 alasan mengapa Anda membutuhkan katalog produk


Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pahami mengapa kita membutuhkan katalog produk.



Untuk Mengumpulkan Informasi


Informasi seperti informasi teknis dan fitur tentang produk tidak mungkin untuk diingat. Merekam mereka pada dokumen dalam format yang dapat digunakan membantu pengguna mengetahui tentang produk secara rinci. Menerbitkan informasi tentang paket informasi produk yang menemukan tempat di situs web memungkinkan pelanggan mengetahuinya tanpa campur tangan perwakilan penjualan.



Kurangi Siklus Bisnis


Bayangkan harus bolak-balik dengan pelanggan di email berbagi informasi tanpa henti, yang tidak menghasilkan hasil yang positif. Sebaliknya, berbagi informasi tentang katalog digital dapat membantu memindahkan kesepakatan dari satu tahap ke tahap lainnya. Dengan informasi yang tersedia untuk pelanggan secara efisien, ini mengurangi penyumbatan dalam siklus bisnis.



Bantu Sales Rep Menjual


Tenaga penjualan hanya memiliki satu tanggung jawab utama - untuk menjual. Mengumpulkan data produk dari berbagai sumber di dalam bisnis untuk disebarluaskan kepada pelanggan bukanlah pekerjaan yang dibayar untuk mereka. Itulah sebabnya katalog digital membantu mereka berbagi informasi dengan mudah kepada pelanggan mereka dan menghasilkan penjualan. Ini menghemat waktu mereka yang berharga karena semua informasi yang mereka butuhkan tersedia di ujung jari mereka.