Cara Membedakan Portofolio Asli dan Palsu

Dalam konteks jasa pembuatan website, membedakan antara portofolio asli dan palsu juga penting. Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan bahwa portofolio yang diperlihatkan oleh seorang pengembang website adalah asli.

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah, pada pada website di bagian footer yang telah diklaim sebagai portofolio biasanya dicantumkan link pembuat website

1. Kredibilitas Pengembang 

Periksa kredibilitas pengembang website tersebut. Tinjau riwayat mereka, reputasi, dan apakah mereka memiliki testimoni atau ulasan dari klien sebelumnya. 

2. Cek Situs Web Langsung 

Jika memungkinkan, kunjungi situs web yang tercantum dalam portofolio. Perhatikan fungsi, estetika, dan kualitasnya secara keseluruhan. 

3. Konsistensi Gaya dan Kualitas 

Tinjau apakah semua situs web dalam portofolio memiliki gaya dan kualitas yang konsisten. Ketidaksesuaian yang mencolok dalam desain atau kualitas bisa menjadi tanda peringatan. 

4. Periksa Keterlibatan Interaktif 

Perhatikan apakah situs web dalam portofolio memiliki interaksi yang canggih atau fitur dinamis. Ini dapat memberi petunjuk tentang keahlian teknis pengembang. 

5. Konfirmasi Klien dan Proyek 

Jika memungkinkan, hubungi klien yang disebutkan dalam portofolio dan konfirmasikan apakah mereka benar-benar bekerja dengan pengembang tersebut dan apakah hasilnya sesuai dengan yang ditampilkan. 

6. Analisis Kode Sumber 

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang memadai, Anda dapat meminta akses ke kode sumber situs web dalam portofolio untuk memverifikasi keasliannya. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah situs web tersebut memang dibuat oleh pengembang yang sama. 

7. Cari Tanda-Tanda Umum Pemalsuan 

Beberapa tanda-tanda umum pemalsuan dalam portofolio website meliputi penggunaan template yang sangat umum, kesalahan konsistensi (misalnya, nama perusahaan yang salah), atau penggunaan gambar stok yang berlebihan. 

8. Perhatikan Proyek yang Serupa 

Bandingkan portofolio pengembang dengan proyek yang serupa yang Anda temukan secara online. Ini dapat membantu Anda menilai apakah portofolio tersebut benar-benar mencerminkan kemampuan dan gaya pengembang. 

9. Konsultasi dengan Ahli 

Jika Anda masih meragukan keaslian portofolio, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli pengembangan web atau sumber daya lain yang memiliki pengetahuan tentang industri. 

10. Jangan Tergesa-Gesa 

Terakhir, jangan terburu-buru dalam membuat keputusan. Ambil waktu untuk melakukan penelitian dan memastikan bahwa Anda yakin dengan pengembang website yang Anda pilih. 

Dengan menggunakan kombinasi metode di atas, Anda dapat meningkatkan kemungkinan bahwa portofolio yang diperlihatkan oleh seorang pengembang website adalah asli dan mencerminkan kualitas pekerjaan mereka.