alasan kenapa bisnis harus online
Seperti yang diketahui semua orang, bisnis online kini mulai merajai pasar. Hampir setiap bisnis memiliki website untuk berhubungan dengan pelanggan atau sekadar memperkenalkan bisnisnya.

Bahkan banyak perusahaan yang memutuskan untuk beralih dari perdagangan offline ke online agar tidak kalah bersaing dan agar produk yang dijualnya dikenal masyarakat luas.

Jika Anda masih ragu untuk mengubah bisnis Anda dari offline ke online, perhatikan alasan berikut ini:

1. Meningkatkan citra bisnis Anda Alasan pertama mengapa Anda harus Mengubah bisnis offline Anda menjadi online adalah untuk meningkatkan citra bisnis perusahaan Anda . Tanpa situs web, blog, atau kehadiran online, pelanggan mungkin mempertanyakan seberapa serius Anda dengan bisnis Anda.

Pasalnya saat ini semua perusahaan di berbagai industri telah melebarkan sayapnya di dunia digital. Jika bisnis atau perusahaan Anda tidak memiliki “kehadiran” online, bahkan sebagian besar pelanggan potensial pun mungkin akan curiga terhadap Anda.

2. Ketersediaan 24 jam Bisnis Anda menghadapi banyak keterbatasan jika tidak terhubung ke Internet, salah satunya adalah uptime. Misalnya restoran, supermarket, atau pusat perbelanjaan hanya buka pada jam-jam tertentu. Sementara itu, bisnis online bisa terus beroperasi sepanjang waktu tanpa batasan.

Prospek dan pelanggan dapat memperoleh informasi mengenai produk/jasa Anda dan bertransaksi kapan pun mereka mau. Meski sedang libur, bisnis Anda tetap bisa berjalan maksimal.

3. Pelayanan Pelanggan Maksimal Internet memberi Anda akses tak terbatas untuk mendapatkan informasi yang Anda perlukan dalam waktu singkat. Anda dapat dengan mudah membuat video petunjuk, memecahkan masalah, dan melayani pelanggan secara langsung atau menggunakan chatbots.

Ada banyak hal yang bisa pelanggan dapatkan dari website atau jejaring sosial perusahaan Anda, misalnya:

Baca spesifikasi produk Pelajari beberapa promosi Dapatkan penjelasan tentang permasalahan yang muncul Pelajari tentang perusahaan Anda, dll. Baca Juga: Tips Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Intinya, kehadiran online Anda memungkinkan orang lain mengakses informasi yang mereka butuhkan. Artinya, Anda tidak harus selalu siap sedia bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan.

4. Tidak memerlukan biaya besar Memulai bisnis online tidak memerlukan mengeluarkan biaya besar. Anda tidak perlu memiliki gedung perkantoran yang besar, membeli kendaraan operasional dan banyak karyawan.

Sebaliknya, tugas utama Anda adalah memilih layanan pembuatan website yang tepat untuk membuat website yang Anda inginkan. Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan anggaran Anda.

Web developer ada yang bersifat bisnis namun ada juga web developer yang beroperasi secara mandiri. Dengan budget yang minim, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dan mendapatkan website yang terlihat profesional.

Anda bahkan dapat membuat situs web sendiri secara gratis. Jika Anda sudah memiliki bisnis offline, beralih dari offline ke online sangatlah mudah.

Alasannya adalah Anda sudah memiliki pelanggan yang mengetahui bisnis Anda. Melanjutkan upaya penjualan produk/jasa dengan cara-cara baru, khususnya secara online, termasuk promosi melalui jejaring sosial.

5. Internet Mempermudah Perkembangan Bisnis Kemampuan Internet lainnya adalah mendekatkan manusia tanpa batasan jarak dan waktu. Artinya jarak antara Anda dan pelanggan juga sangat dekat.

Memiliki toko online memudahkan Anda dalam menerima transaksi dan pembayaran. Selain itu, toko online membantu orang-orang di seluruh dunia untuk mengenal bisnis Anda, sehingga tentunya dapat mengembangkan bisnis Anda.

Misi Anda dalam mencapai tujuan bisnis online Anda adalah memastikan bisnis dan situs web Anda beroperasi secara efektif. Salah satu solusinya adalah dengan terus meningkatkan traffic dan peringkat website.

Baca juga: 6 Alasan Toko Online Anda Bangkrut Sebelum Berhasil: Semakin Banyak Orang “Menemukan” Anda, Semakin Banyak Leads dan Pendapatan yang Anda Dapatkan.

6. Bisa bekerja dimana saja Bisnis online memungkinkan Anda bekerja dimana saja selama memiliki perangkat yang terkoneksi internet.

7. Mengurangi biaya operasional Melanjutkan poin sebelumnya, peralihan dari offline ke online dapat mengurangi biaya operasional. Misalnya, Anda tidak memerlukan SPG (Sales Promotion Girl), menyewa toko fisik, membeli perlengkapan toko, dan biaya operasional lainnya.

Jumlah karyawan juga bisa dikurangi karena banyak aktivitas operasional yang bisa diotomatisasi menggunakan software. Contohnya termasuk layanan pelanggan seperti yang disebutkan sebelumnya, pemasaran online, dan transaksi online.

8. Menargetkan Target Global Aktivitas offline mencegah Anda mencapai target yang lebih luas. Namun dengan sebuah website, jutaan orang bisa bertransaksi dengan Anda dalam waktu yang bersamaan. Bayangkan potensi pertumbuhan bisnis Anda jika produk dan layanan Anda ditampilkan di setiap lokasi yang Anda inginkan.

9. Meningkatkan Kemampuan Kerja Perusahaan Keuntungan lain dari berbisnis online adalah pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, baik itu mengirimkan penawaran, memproses pesanan, mengkonfirmasi pesanan atau menyelesaikan masalah dengan pelanggan.


Hal ini tentunya sangat diapresiasi oleh pelanggan, mereka ingin dapat bertransaksi dan menerima produk/jasa yang diinginkannya dalam waktu singkat.