Cara Jualan Online Untuk Pemula

Cara Jualan Online Untuk Pemula

Berjualan online sebenarnya tidaklah sulit dan terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pemula agar Anda dapat berjualan dengan sukses. Artikel ini akan membahas cara-cara tersebut yang sekiranya dapat membantu jualan Anda.

Jualan Online Berjualan online adalah suatu cara mendapatkan penghasilan yang mulai mendapatkan minat banyak orang. Pasalnya, berjualan online tidak membutuhkan modal besar tetapi kemungkinan keuntungannya sangat tinggi. Tidak heran banyak orang yang berbondong-bondong berpindah dari seorang pegawai menjadi penjual online. Tetapi setiap bisnis pasti memiliki hambatannya sendiri dan sebagai pemula, Anda tidak perlu takut untuk memulai berjualan online.

Cara Jualan Online Terdapat 5 cara sederhana yang dapat membantu Anda sebagai pemula untuk sukses berjualan online. Berikut adalah cara-cara tersebut:

Cara #1: Ketahuilah Apa yang Akan Anda Tawarkan
Bisnis sendiri terdiri dari 2 macam, ada yang menjual produk dan ada yang menjual jasa. Sebelum Anda memulai bisnis online, Anda harus mengetahui apa yang akan Anda tawarkan. Menawarkan produk, berarti Anda berjualan suatu barang dengan cara online. Anda dapat membeli atau memproduksi barang jualan Anda sendiri atau Anda memakai sistem dropship. Selain produk fisik, Anda pun dapat berjualan produk digital seperti tiket online, pulsa dan semacamnya.

Selain penawaran produk, Anda pun dapat menawarkan jasa secara online. Beberapa contoh penawaran jasa secara online adalah jasa pengetikan, jasa penerjemah atau jasa pembuatan website. Apapun pilihan jualan Anda, yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus benar-benar menyukai bisnis tersebut agar dapat berkembang di jangka panjang.

Cara #2: Membangun Pondasi Media Sosial
Salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak ramai adalah dengan memanfaatkan media sosial. Anda dapat membayar jasa pembelian follower aktif dengan harga yang cukup murah dan variatif tergantung dengan jumlah follower yang Anda inginkan. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan jasa influencer di media sosial untuk melakukan endorsement terhadap produk atau jasa Anda. Media sosial yang dapat Anda gunakan adalah Instagram, Blackberry Messenger, Twitter dan Facebook.

Facebook

Anda dapat membuat page untuk jualan online dengan menggunakan foto profil yang paling tepat untuk merepresentasikan bisnis Anda. Di dalam page Anda, sebisa mungkin untuk memberikan deskripsi yang rinci atas jualan Anda.

Instagram

Engagement rate di Facebook, hanya sekitar 0,05%-1%, sedangkan pada Instagram, engagement rate mencapai 4,21%. Ini berarti posting Anda akan mendapatkan respon yang lebih banyak seperti like/komentar. Setiap foto yang Anda unduh di Instagram sebaiknya menggunakan hashtag (#) yang relevan dan disertai dengan deskripsi yang rinci tapi singkat.

Jejaring sosial ini dapat Anda gunakan sebagai sarana komunikasi serta memasarkan produk. Terdapat beberapa pilihan jejaring sosial lainnya yang menawarkan jasa serupa seperti LINE@, Whatsapp atau WeChat.

Selain murah dan mudah, pemasaran atas produk Anda pun dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Walaupun sosial media sangat bermanfaat, tetapi harus diingat bahwa sosial media bukanlah tempat jualan Anda. Langkah berikutnya adalah dengan membangun tempat jualan Anda.

Cara #3: Membuat Website Pribadi
Memang untuk tahap awal, Anda dapat menggunakan sosial media untuk perkenalan bisnis Anda atau memasang iklan di website orang lain yang memiliki traffic tinggi. Tetapi untuk dapat terus mengembangkan bisnis Anda, sepatutnya Anda memiliki website pribadi yang mana website tersebut dapat dijadikan “tempat jualan” Anda.

Diperlukan biaya untuk membuat sebuah website, seperti biaya hosting yang per bulannya sekitar Rp20.000-Rp30.000 dan biaya domain sekitar Rp140.000 per tahun (update: harga). Berarti per bulannya Anda membutuhkan biaya sekitar Rp40.000 dimana jika Anda berhasil mendapatkan keuntungan lebih dari biaya tersebut, maka Anda sudah “balik modal”.

Cara #4: Lakukan Pemasaran yang Tepat
Secara garis besar terdapat 3 komunitas orang yang menggunakan internet, pertama untuk mencari informasi, kedua untuk mencari hiburan dan yang terakhir adalah untuk membeli produk atau jasa. Dengan menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat, maka Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda.

Kumpulkan email dari calon pelanggan sehingga pemasaran Anda dapat bersifat lebih pribadi, ini adalah proses list building dan Anda dapat menggunakan email marketing untuk melakukan penjualan dan menjalin hubungan positif dengan konsumen. Cara ini juga dapat membangun bisnis Anda di jangka panjang.

Cara #5: Berikan Nilai Tambah
Agar dapat unggul dibandingkan para pesaing Anda, sebaiknya jualan Anda memiliki nilai tambah. Nilai tambah yang tersebut dapat berupa akses layanan yang cepat dan mudah. Anda pun dapat memberikan kualitas jasa dan produk yang melebihi pesaing Anda.

Nilai tambah tersebut dapat menjadi poin plus untuk membangun kredibilitas Anda di mata konsumen. Semakin bagus nilai tambah Anda, semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda, bisnis Anda akan lebih berkembang dan bertahan di jangka panjang.

Mulailah Segera
Dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas, Anda mungkin telah mendapatkan gambaran tentang apa yang harus Anda lakukan untuk menjadikan jualan Anda sebagai bisnis jangka panjang. Setiap bisnis pasti membutuhkan kerja keras dan jika Anda gagal dalam percobaan pertama, teruslah mencoba dan pantang menyerah.

Sumber: https://www.finansialku.com/cara-jualan-online-untuk-pemula/

Back to Home

Klik untuk chat via Whatsapp
Bagikan ke Facebook
Bagikan ke Twitter